Tak Bisa Bertemu, Pelaksanaan PKKMB Pascasarjana Prodi Pendidikan Matematika UNY Berlangsung Via Daring

COVID19 masih belum dapat terlihat kapan berakhir, namun itu tidak menyurutkan niat mahasiswa baru Pascasarjana Pendidikan Matematika untuk tetap mengikuti kegiatan PKKMB yang diadakan dari tingkat Universitas sampai Program Studi. Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 09 sd 12 September 2020, dilaksanakan secara daring melalui aplikasi video conference Zoom dan kanal Youtube UNY. Pengenalan dilakukan secara maksimal agar mahasiswa baru mendapatkan informasi-informasi penting mengenai apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti agenda perkuliahan.

WhatsApp Image 2020-09-19 at 03.51.23

Seperti yang terjadi pada PKKMB tingkat Prodi Pascasarjana Pendidikan Matematika UNY yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 September 2020. Ada beragam kegiatan yang telah dipersiapkan untuk mahasiswa baru. Diawali dengan sambutan dari Ketua Program Studi, Pak Sugiman memberikan arahan tentang tugas-tugas penting yang harus mahasiswa lakukan ketika berkuliah nanti. Beliau memberikan informasi dari SKS mata kuliah, publikasi artikel, sampai dengan mempersiapkan judul tesis sejak dini. Besar harapan beliau agar mahasiswa baru dapat mempersiapkan diri untuk meningkatkan kompetensi selama berkuliah di Pascasarjana UNY

Setelah itu, dilanjutkan acara sharing serta testimoni dari para alumni yang diundang untuk menceritakan pengalaman berkuliah di Pascasarjana Pendidikan Matematika UNY, yaitu Bu Suripah dari Universitas Islam Riau, Pak Sumbaji dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan Pak Syukrul Hamdi dari Universitas Negeri Yogyakarta. Para pemateri membagikan tips dan trik bagaimana agar dapat lulus tepat pada waktunya, serta bisa memiliki publikasi artikel yang nantinya dapat menunjang karir mahasiswa ketika lulus dan masuk ke dalam dunia kerja. Sehingga mahasiswa dapat termotivasi dari awal agar lebih mempersiapkan publikasi artikelnya sendiri, dimana hal tersebut adalah salah satu syarat untuk dapat yudisium ketika lulus.

WhatsApp Image 2020-09-12 at 11.39.27

Pada kegiatan terakhir, guna memudahkan mahasiswa dalam penulisan artikel nantinya, ada agenda pelatihan Mendeley yang dibawakan oleh Mas Ibnu Rafi, Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika angkatan 2019. Seperti yang kita ketahui bersama, Mendeley adalah software untuk mengolah data artikel serta mempermudah penggunanya dalam mensitasi artikel yang dijadikan referensi. Dengan semua kegiatan yang diberikan kepada mahasiswa baru, harapannya akan dapat lebih siap dalam menghadapi perkuliahan serta tugas yang diberikan, walaupun kegiatan tersebut tidak dilakukan tatap muka secara langsung. (HnR)