Webinar Series #1 2025 Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Deep Learning dan Asesmennya

Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta sukses menyelenggarakan Webinar Series #1 Tahun 2025 pada Sabtu, 26 Juli 2025, dengan tema “Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Deep Learning dan Asesmennya”. Acara dibuka oleh Dr. Kuswari Hernawati, S.Si., M.Kom., yang menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk membuka wawasan baru dan memberikan inspirasi bagi pendidik dalam mengembangkan pembelajaran matematika yang adaptif dan bermakna.

Pemateri pertama, Bapak Arif Jamali, S.Pd., memaparkan materi “Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Deep Learning”. Beliau menekankan bahwa pendidikan bermutu adalah hak warga negara dan kunci pembangunan bangsa. Deep learning dipaparkan sebagai pendekatan yang menekankan suasana belajar yang sadar, bermakna, dan menyenangkan melalui olah pikir, olah hati, olah rasa, dan olah raga secara holistik dan terpadu. Sementara itu, pemateri kedua, Prof. Dr. Heri Retnawati, M.Pd., membawakan materi “Asesmen Pembelajaran Matematika Terkini” dengan penekanan pada asesmen awal, tengah, dan akhir, serta pentingnya assessment as learning yang mendorong siswa merefleksikan apa yang sudah dan belum mereka kuasai. Beliau menegaskan bahwa pesan penting pembelajaran adalah bermakna, menumbuhkan kesadaran diri, membuat siswa tahu apa yang bisa dan tidak bisa mereka lakukan, serta menciptakan suasana yang menyenangkan. Pembelajaran juga perlu memperhatikan praktik pedagogis berbasis pengalaman otentik, melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS), dan mendorong kolaborasi.

Webinar yang dipandu oleh Dr. Elly Arliani, M.Si., ini berlangsung interaktif dengan antusiasme peserta dalam sesi tanya jawab seputar pembelajaran deep learning dan asesmennya. Departemen Pendidikan Matematika FMIPA UNY berkomitmen untuk terus berkontribusi positif dalam pengembangan pembelajaran matematika di Indonesia melalui inovasi pedagogis dan penguatan kompetensi pendidik (HnR)