WEBINAR SERIES #4 2024: Tiga Tahun Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika di Sekolah

.Departemen Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta kembali menggelar Webinar Series pada Sabtu, 19 Oktober 2024. Edisi keempat dari rangkaian webinar ini mengusung tema “Tiga Tahun Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika di Sekolah”, yang menghadirkan dua narasumber, yaitu Nila Mareta Murdiyani, S.Pd., M.Sc. dan Irfana Steviano, S.Pd., M.Ed. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom, serta disiarkan langsung melalui kanal YouTube Pendidikan Matematika UNY.

Acara dibuka dengan sambutan dari Dr. Retno Subekti, M.Sc., Sekretaris Departemen Pendidikan Matematika. Melalui acara ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para pendidik untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan kurikulum di Indonesia.

Irfana Steviano, S.Pd., M.Ed. menjadi pembicara pertama menjelaskan materi terkait literasi, numerasi, dan teknologi pembelajaran dalam kurikulum merdeka. Beliau juga menyampaikan program literasi dan numerasi guru pendidikan dasar, pemanfaatan beberapa teknologi yang mendukung kegiatan literasi dan numerasi seperti geogebra, mathplanet, mathisfun, prodigy math, khan academy beserta konteks pembelajarannya.

Sementara itu, narasumber kedua, Ibu Nila Mareta Murdiyani, S.Pd., M.Sc., menyampaikan materi mengenai ”Kesiapan Calon Guru Matematika dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka: Kajian pada Lima Perguruan Tinggi di DIY", dimana beliau menyoroti bahwasannya penting untuk meningkatkan pemahaman calon guru matematika tentang Kurikulum Merdeka agar dapat lebih optimal dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip dan tujuan kurikulum tersebut. Meskipun demikian, secara umum kesiapan para calon guru matematika dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka sudah menunjukkan kemajuan yang baik.

Acara ini dihadiri oleh dosen, mahasiswa, serta guru-guru dari berbagai daerah di Indonesia. Antusiasme peserta terlihat jelas melalui partisipasi peserta webinar pada pemaparan materi maupun sesi tanya jawab, mencerminkan relevansi topik webinar dengan kebutuhan pendidikan saat ini.

Dengan terselenggaranya Webinar Series #4 ini, Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNY terus berkomitmen untuk memberikan wadah bagi dosen, guru, dan mahasiswa dalam mengembangkan pengetahuan serta keterampilan dalam bidang pendidikan matematika, khususnya dalam konteks Kurikulum Merdeka. Webinar ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para pendidik untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan kurikulum di Indonesia. (Tim Publikasi PMAT)