WEBINAR SERIES #2 2024: Literasi Numerasi dan Literasi Statistik

Departemen Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta kembali menyelenggarakan Webinar Series #2 dengan sukses pada hari Sabtu, 7 September 2024. Webinar ini merupakan bagian dari rangkaian Webinar Series yang diadakan oleh Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNY dengan tema kali ini berfokus pada "Literasi Numerasi dan Literasi Statistik". Acara dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom dan juga disiarkan secara langsung melalui channel YouTube Pendidikan Matematika UNY.

Webinar kali ini menghadirkan dua narasumber yang ahli di bidangnya, yaitu Ibu Iin Fibriastuti, S.Pd.Si. dan Ibu Siti Kholifah, S.Si., M.Pd. Kedua narasumber ini memberikan pemaparan yang mendalam dan komprehensif terkait topik literasi numerasi dan literasi statistik yang sangat relevan dalam dunia pendidikan saat ini. Webinar juga dipandu oleh moderator berpengalaman, yaitu Bapak Heru Sukoco, S.Si., M.Pd.

Acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Sekretaris Departemen Pendidikan matematika, Ibu Dr. Retno Subekti, M.Sc. Beliau berharap bahwa Webinar Series #2 ini dapat meningkatkan pemahaman konsep dasar numerasi dan statistika, menghubungkan pembelajaran matematika dengan situasi kehidupan nyata, serta melatih keterampilan berpikir kritis dan analitis siswa Webinar dihadiri oleh dosen, mahasiswa, dan praktisi pendidikan dari berbagai daerah di Indonesia, menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap topik yang diangkat.

Narasumber pertama, Ibu Iin Fibriastuti, S.Pd.Si. menyampaikan materi mengenai literasi numerasi, analisis rendahnya nilai literasi numerasi, serta alternatif solusi peningkatannya. Narasumber kedua, Ibu Siti Kholifah, S.Si., M.Pd. mengulas rahasia statistik dan pentinganya  literasi statistika di abad 21. Beliau juga menyampaikan cara untuk meningkatkan literasi statistika. 

Dengan terselenggaranya Webinar Series #2 ini, Departemen Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta berkomitmen untuk menyelenggarakan webinar berkualitas yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, akademik, dan praktisi sehingga mendapat wawasan baru dan inspirasi untuk mengaplikasikan literasi numerasi dan statistik dalam pembelajaran mereka.