MGMP Matematika SMA Kabupaten Wonogiri Tingkatkan Kompetensi Melalui Lokakarya Pembelajaran Numerasi Berbasis Worked Example oleh Dosen UNY

Sabtu, 24 Agustus 2024 Tim dosen Departemen Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta telah melaksanakan program pengabdian bagi guru-guru matematika anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMA Kabupaten Wonogiri, yang bertempat di SMA Negeri 1 Wonogiri. Kegiatan ini adalah kelanjutan dari kegiatan yang sebelumnya telah dilaksanakan secara daring pada 7 Agustus 2024. Kelompok dosen pengabdi terdiri dari Endah Retnowati, Ph.D., Dr. Djamilah Bondan Widjajanti, M.Si., Dra. Endang Listyani, MS., Husna Arifah, S.Si, M.Sc. dan Heru Sukoco, M.Pd.


Kegiatan lokakarya dihadiri oleh beberapa sekolah yang tersebar di Kabupaten Wonogiri, diantaranya SMA Negeri 1 Wonogiri, SMA Negeri 1 Wuryantoro, SMA Negeri 1 Jatisrono, SMA Negeri 1 Baturetno, SMA Negeri 1 Sidoharjo, SMA Negeri 3 Wonogiri, SMA Kanisius Harapan Tirtomoyo, SMA Muhammadiyah 2 Manyaran. Kegiatan diawali oleh pemberian sambutan oleh ketua MGMP, Bapak Broto Apriliyanto, M.Pd. dan sambutan oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Wonogiri Bapak Drs. Susilo Joko Raharjo, M.Pd. Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan presentasi hasil pengembangan modul ajar dan lembar kerja oleh Endah Retnowati, Ph.D. Kemudian dilanjutkan diskusi dan tanya jawab. Presentasi ini diharapkan dapat menambahkan pemahaman bagi para guru untuk dapat mengembangkan modul ajar dan dan lembar kerja berorientasi pada kemampuan literasi dan numerasi sebagai pengembangan TPACK. Berdasarkan hasil evaluasi oleh peserta, diperoleh tingkat efektivitas kegiatan PkM ini sebesar 4,4077 (dari maksimal 5).


Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan, Ketua MGMP Matematika SMA Kabupaten Wonogiri dan Kepala SMA Negeri 1 Wonogiri memberikan sambutan positif terhadap program ini. Diharapkan kegiatan serupa dapat terus berlanjut untuk mencapai tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, mengembangkan profesionalisme guru dalam merancang dan menerapkan metode pengajaran yang lebih efektif dan relevan, serta memperkuat kerja sama antara MGMP Matematika SMA Kabupaten Wonogiri dan Universitas Negeri Yogyakarta.