Pendidikan Matematika Program Pascasarjana
Published on Pendidikan Matematika Program Pascasarjana (https://s2pmat.fmipa.uny.ac.id)

Home > Pengembangan Profesi Guru Melaksanakan Pelatihan dan Workshop di Kabupaten Wonosobo: Tim PkM KBK Pengembangan Profesi Guru

Pengembangan Profesi Guru Melaksanakan Pelatihan dan Workshop di Kabupaten Wonosobo: Tim PkM KBK Pengembangan Profesi Guru

Submitted by adm1n on Fri, 2025-08-08 08:23

Pada hari Rabu, 30 Juli 2025 telah dilaksanakan kegiatan pelatihan dan workshop bagi guru-guru Matematika SMP se-Kabupaten Wonosobo bertempat di SMP N 1 Kepil Wonosobo yang diprakarsai oleh tim PkM KBK Pengembangan Profesi Guru yang terdiri dari Tuharto M.Si, Dr. R. Rosnawati M.Si, Caturiyati M.Si, Prof. Dr. Ariyadi Wijaya, M.Sc, serta Ilham Rizkianto, M.Sc. Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 08.30 hingga 15.00, diikuti oleh 28 guru Matematika SMP dari 21 SMP dan 6 kepala sekolah SMP di Kabupaten Wonosobo. PkM dengan judul “Peningkatan Profesional Guru Matematika Melalui Lesson Study Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing di Kabupaten Wonosobo” ini bekerjasama dengan MGMP Matematika Pokja 3 (meliputi Kecamatan Sapuran, Kepil, dan Kalibawang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Tujuan PkM kali ini meningkatkan kompetensi guru matematika SMP melalui pelatihan penerapan lesson study meliputi: perencanaan pembelajaran dilakukan melalui FGD untuk merancang pembelajaran matematika kelas VII pada topik bangun ruang sisi datar, open class yaitu pembelajaran oleh guru model yang dihadiri guru-guru matematika SMP lain, serta refleksi hasil observasi pelaksanaan pembelajaran untuk melakukan perbaikan rancangan pembelajaran. Lesson study dapat dianggap sebagai siklus perbaikan pembelajaran karena melibatkan guru dalam pembelajaran aktif tentang konten, didorong oleh data dan tujuan, dan berkelanjutan, intensif, kolaboratif, dan praktek berbasis, membuat berbagai jenis pengetahuan lebih terlihat. Melalui lesson study guru dapat mempelajari rancangan dan pelaksanaan pembelajaran penemuan yang diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam serta mengembangkan cara belajar aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan setia tahan lama dalam ingatan.

Pelatihan dilaksanakan selama 4 hari. Hari pertama hingga kedua dilakukan secara daring untuk melakukan perancangan perangkat pembelajaran (plan) dengan FGD untuk memahami efektivitas dari rancangan pembelajaran penemuan serta proses pembelajaran yang terjadi baik berkaitan dengan keluasan dan lintasan belajar, maupun rancangan aktivitas dengan prinsip-prinsip melalui proses penemuan, serta kendala yang dihadapi saat melakukan pembelajaran penemuan terbimbing.

Pada hari ketiga dilakukan secara open class (do) dilaksanakan luring di SMP N 1 Kepil Wonosobo, yang dihadiri oleh 28 guru matematika SMP dan 6 kepala sekolah di 3 kecamatan wilayah Wonosobo Selatan, sebagai guru modelnya adalah Ismul Farikhah, S.Pd.Si dari SMP Negeri Sapuran 1. Kegiatan see sebagai salah satu tahapan dari lesson study yaitu berupa refleksi atas apa yang telah dilakukan selama pembelajaran. Kegiatan refleksi dipandu oleh Bapak Tuharto, M.Si. dan Ibu Dr. R. Rosnawati, M.Si. Peserta antusias memberikan hasil observasi serta masukan untuk perbaikan pada pembelajaran selanjutnya.

Hasil refleksi ini menjadi masukan bagi semua guru dalam menyusun rancangan pembelajaran penemuan terbimbing yang diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam serta mengembangkan cara belajar aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan setia tahan lama dalam ingatan. Hal ini sejalan dengan kurikulum merdeka yaitu mendukung pembelajaran yang mendalam. Sebagai kelanjutan dari kegiatan hari itu, peserta diberi tugas mandiri berupa “Penyusunan Rancangan Modul Ajar” dikumpulkan dua pekan setelah kegiatan berlangsung dan akan mendapatkan masukan dan saran dari tim PkM. (Caturiyati/HnR)

 

Tags: 
SDGs#4 PENDIDIKAN BERKUALITAS [1]

Source URL:https://s2pmat.fmipa.uny.ac.id/id/berita/pelatihan-dan-workshop-di-kabupaten-wonosobo.html

Links
[1] https://s2pmat.fmipa.uny.ac.id/id/tags/sdgs4-pendidikan-berkualitas