Pendidikan Matematika Program Pascasarjana
Published on Pendidikan Matematika Program Pascasarjana (https://s2pmat.fmipa.uny.ac.id)

Home > Pelatihan Nearpod Tingkatkan Interaktivitas Pembelajaran Matematika di Klaten

Pelatihan Nearpod Tingkatkan Interaktivitas Pembelajaran Matematika di Klaten

Submitted by adm1n on Sat, 2025-08-02 13:07

.

Jogonalan, 2 Agustus 2025 — Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran interaktif di tingkat SMP, MGMP Matematika Gondang Winangun Klaten menyelenggarakan Pelatihan Nearpod dalam Pembelajaran Matematika SMP yang bertempat di SMP Negeri 1 Jogonalan, Klaten. Kegiatan ini menghadirkan tim narasumber dari Departemen Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan melibatkan langsung para guru serta mahasiswa calon pendidik matematika. Pelatihan yang berlangsung pada hari Sabtu ini difokuskan pada pemanfaatan Nearpod—sebuah platform pembelajaran digital interaktif—untuk mendukung keterlibatan aktif siswa dalam kelas matematika. Peserta pelatihan mendapatkan pengetahuan teknis dan praktik langsung mengenai penyusunan materi, pelaksanaan kuis interaktif, hingga penggunaan laporan hasil belajar secara real-time.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber ahli di bidang pendidikan matematika, yaitu: Prof. Dr. Agus Maman Abadi, M.Si., Dr. Karyati, M.Si., Dr. Musthofa, M.Si., Lusi Harini, M.Si., & Dr. Muhammad Irfan, S.Si., M.Pd. Kelima narasumber merupakan tim PkM dari Departemen Pendidikan Matematika FMIPA UNY yang secara aktif terlibat dalam pengembangan literasi teknologi pendidikan di kalangan guru. Kegiatan ini juga turut melibatkan mahasiswa dari Departemen Pendidikan Matematika FMIPA UNY yang mendampingi guru-guru peserta dalam praktik langsung penggunaan Nearpod di ruang kelas. Dalam sambutannya, Dr. Muhammad Irfan menekankan bahwa “Transformasi digital dalam pendidikan bukan hanya soal teknologi, tetapi juga soal humanisasi pembelajaran agar siswa merasa lebih terlibat, aktif, dan memahami materi secara lebih kontekstual.”

Dengan pelatihan ini, diharapkan guru-guru matematika di Klaten dapat semakin adaptif dalam mengintegrasikan teknologi pendidikan yang inovatif untuk menciptakan pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan bermakna.


Source URL:https://s2pmat.fmipa.uny.ac.id/id/node/2212