Workshop Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum: Prodi S2 Pendidikan Matematika Mantapkan Langkah Menuju Kurikulum yang Relevan dan Adaptif
Submitted by adm1n on Fri, 2025-02-28 17:24
Dalam rangka penyempurnaan kurikulum dan penyesuaian terhadap dinamika kebutuhan pendidikan masa kini, Program Studi Magister Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Workshop Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum pada Jumat, 28 Februari 2025 bertempat di Ballroom Gedung Magister dan Doktor FMIPA UNY Lantai 4. Acara yang berlangsung dari pukul 07.30 hingga 11.30 WIB ini dipimpin langsung oleh Ketua Program Studi, Prof. Dr. Agus Maman Abadi, M.Si. Kegiatan ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari alumni, pengguna lulusan, hingga dosen pengampu, sebagai bagian dari proses kolaboratif dalam pengembangan kurikulum berbasis capaian pembelajaran lulusan (CPL).
Hadir sebagai undangan yaitu Dwi Astuti, M.Pd. (alumni, Universitas Ahmad Dahlan), Deden Hidayat, M.Pd. (alumni, guru SMAN 3 Yogyakarta), Dr. Puguh Wahyu Prasetyo, S.Si., M.Sc. (Kapordi Pendidikan Matematika UAD), dan Drs. Suhirno, M.B.A. (Kepala Sekolah SMAN 3 Yogyakarta). Diskusi hangat terjadi ketika para peserta mengevaluasi apakah CPL yang dirancang benar-benar merupakan turunan dari profil lulusan yang ditetapkan. Salah satu usulan penting yang muncul adalah penambahan mata kuliah praktikum statistika guna memperkuat keterampilan aplikatif mahasiswa dalam analisis data. Selain itu, dibahas pula relevansi mata kuliah pilihan Matematika Level A, yang dinilai tidak lagi sesuai dengan konteks saat ini karena awalnya dirancang untuk mengakomodasi kelas RSBI, yang kini telah dihapuskan. Sebagai alternatif, disarankan penggantian mata kuliah tersebut dengan Psikologi Belajar Matematika Lanjut atau Isu Kontemporer dalam Pendidikan Matematika yang dianggap lebih sesuai dengan kebutuhan masa kini dan perkembangan bidang pendidikan matematika.
Melalui kegiatan ini, Prodi S2 Pendidikan Matematika menunjukkan komitmennya untuk terus melakukan refleksi dan inovasi dalam kurikulum, agar tetap sejalan dengan perkembangan ilmu, kebutuhan lapangan, serta profil lulusan yang unggul, adaptif, dan visioner.