Penggunaan Augmented Reality dalam Pembelajaran Matematika

Prodi S2 Pendidikan Matematika PPs UNY menghadirkan Dr. Muhammad Khair bin Noordin dari UTM Malaysia. Noordin menjelaskan penggunaan teknologi informatika dalam pembelajaran Matematika. Salah satunya adalah penggunaan Augmented Reality yang dapat memberi unsur "fun" dalam pembelajaran Matematika, ungkapnya didepan mahasiswa Pendidikan Matematika S2 PPs UNY. Teknologi Augmented Reality merupakan terobosan baru dalam media pembelajaran dimana proses pembelajaran dalam dunia pendidikan selama ini masih banyak bersifat konvensional. Hal tersebut dapat menimbulkan tingkat kejenuhan dan kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran tersebut. Apalagi pada mata pelajaran matematika. Karena pelajaran tersebut sering dianggap susah oleh siswa dan sulit untuk dimengerti.

Dengan memanfaatkan media pembelajaran Augmented Reality (AR) tersebut dikembangkan dalam teknologi telepon genggam berbasis android. Metode yang dipakai dalam pengembangan sistem ini yaitu metode waterfall. Dengan adanya pengembangan media pembelajaran ini dapat terlihat lebih nyata dan bisa membuat siswa tersebut menjadi lebih tertarik untuk mempelajari mata pelajaran matematika.

Kegiatan yang dibuka oleh Direktur PPs UNY, Prof. Dr. Marsigit, M.A. ini diharapkan dapat mengembangkan materi dan terciptanya penelitian-penelitian baik bagi dosen maupun mahasiswa UNY di bidang Media Digital. Disamping itu kegiatan ini untuk menambah wawasan keilmuan di bidang Teknologi Digital Pembelajaran Matematika secara internasional untuk mendorong arah World Class University melalui narasumber yang kompeten. (ant)