Kunjungan KKL Prodi Matematika Universitas Negeri Malang (UM) ke PPs UNY

PPs UNY kembali mendapat kunjungan delegasi dari Universitas Negeri Malang (UM) khususnya mahasiswa Prodi Matematika Pascasarjana UM. Rombongan yang berjumlah 19 mahasiswa didampingi langsung oleh Ketua Prodi Matematika UM, Dr. Purwanto. Kunjungan tersebut disambut oleh Ketua Prodi Matematika PPs UNY, Dr. Jailani beserta Sekprodi Matematika, Dr.Dhoriva Urwatul Wutsqa. Hadir pula dalam undangan mewakili Direktur PPs UNY, Asdir I dan II PPs UNY, Prof. Dr. Djukri dan Dr. Moch Alip. Dalam kunjungan tersebut terjadi diskusi serta sharing mengenai beberapa persoalan yang sering dihadapi seperti masalah kurikulum, publikasi, thesis, kerjasama pendidikan dan non kependidikan.

Dr. Purwanto mengutarakan bahwa terjadi persoalan di kurikulum di UM, khususnya pada Prodi Matematika dimana terjadi penurunan tingkat kelulusan pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah murni pada Prodi Matematika yaitu kelulusan hanya sebesar 50%. Sehingga ada kesulitan untuk memisahkan kurikulum agar semua mata kuliah dapat ditempuh dan terwakili oleh semua mahasiswa. Selain itu belum adanya layanan bahasa di UM menyulitkan mahasiswa, para dosen dan staf dalam mengkaji referensi asing. Terlebih lagi sistem peminjaman buku di perpustakaan PPs UNY serta jaringan perpustakaan, peraturan penulisan thesis dan syarat-syarat penulisan thesis yang baku di PPs UNY, kerjasama akademik dan non-akademik yang PPs UNY jalin dengan berbagai pihak, serta sistem penerimaan mahasiswa dan publikasi sehingga banyak mahasiswa PPs UNY berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan bahkan dari luar negeri menjadi topik-topik yang didiskusikan pada kesempatan tersebut.

Acara yang dikemas secara kekeluargaan tersebut dilanjutkan dengan tour campus yang mana semua sarana dan prasarana yang ada di PPs UNY dan UNY seperti perpustakaan, lab kom, serta Museum Pendidikan dikunjungi sebagai ajang pembelajaran dan promosi. (sinta)